Mini Review: Al-Hamra - Resto khas Masakan Timur Tengah

Alamat lokasi:
Al- Hamra Restaurant
Jl. Jaksa Agung Suprapto 19 Surabaya

Al-Hamra Restaurant review by Jetset EO

Suka nongkrong? Suka makan? Tapi bosan dengan makanan yang itu-itu aja? Well, kemarin Jetset EO diberi kesempatan untuk mencicipi sebuah restoran yang tergolong baru di Surabaya. Restoran ini cukup unik, mulai dari desain interiornya, hingga masakannya. Umumnya varian masakan di Surabaya tidak jauh-jauh dari Indonesian food, Chinese food, Western food (baca: cafe-cafe yang sedang menjamur di Surabaya), dan Japanese food. Nah kali ini Jetset EO mau memberikan mini review untuk restoran Al-Hamra, sebuah restoran yang khusus menyajikan masakan timur tengah. Penasaran?
Lokasi tengah kota dan desain interior

Al-Hamra Restaurant terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto, atau tepatnya ada di sebelah balai kota Surabaya (seberang kantor satpol PP). Tampak depan, restoran ini sudah memancarkan suasana timur tengah. Pertama kali tim Jetset EO ke sana, kami mengira restoran ini sedang tutup. Pasalnya, jendelanya tidak tampak dari luar, dan pintu yang terkesan "terkunci". Tapi setelah masuk, ada seorang waiter yang menyambut ramah kami.

Suasana di dalam Al-Hamra sendiri sangat timur tengah banget. Mulai dari desain interior khas Maroko (atau Turki, atau timur tengah), ditambah dengan wewangian yang memancarkan bau khas restoran timur tengah. Area ruang tunggunya juga dihiasi dengan sofa dan bantal-bantal seperti film Aladin. Kemudian area diningnya sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Ada bagian untuk umum, area smoking, dan juga area untuk private dining. Konsepnya dibuat lebih ke arah fine dining. Selain itu juga tersedia beberapa bilik untuk menikmati makanan secara lesehan.

Al-Hamra Restaurant review by Jetset EO

Akomodasi

Al-Hamra menyediakan beberapa ruangan VVIP (baik dengan table setting maupun lesehan) dengan kapasitas 6-10 orang. Pemakaian ruangan-ruangan ini harus disertai dengan minimum purchase yang bervariasi untuk setiap ruangannya. Namun suasana di sana yang sangat mencerminkan restoran khas timur tengah sangat patut dicoba. Oya, Pakde Karwo (gubernur Jawa Timur saat ini) juga sering memesan masakan di restoran ini loh.

Al-Hamra Restaurant review by Jetset EO Al-Hamra Restaurant review by Jetset EO

Food taste

Tim Jetset EO diberi kesempatan untuk mencicipi beberapa signature dish dari Al-Hamra. Kesan pertama kami: timur tengah banget. Ada Rouz Al Mandee, atau nasi goreng khas timur tengah hidangan para raja. Nasinya bahkan menggunakan beras Basmati (beras rendah gula) sehingga aman untuk orang yang menderita kencing manis. Ada juga roti Chanai. Siapa tak kenal roti Chanai, roti khas timur tengah ini disajikan dengan saus kurma yang mantap! Kemudian ada Nasi Kebuli. Nasi khas Arab nan populer ini disajikan bisa dengan daging kambing atau daging ayam. Oya, daging kambing di sini menggunakan kambing muda, sehingga empuk dan baunya tidak menyengat.

Namun masakan yang menurut kami paling favorit adalah Sish Kebab. Ya, kebab khas timur tengah ini disajikan dengan piring, dengan roti, sayur, dan irisan daging sapi yang terpisah. Kita bisa membuat kebab kita sendiri loh sesuai selera.

Al-Hamra Restaurant review by Jetset EO

Catering service

Al-Hamra menyediakan fasilitas catering service di dalam maupun luar restoran dengan minimum pemesanan 35 pax. Harganya mulai dari IDR 170,000 / pax, sudah mendapatkan satu set menu seperti salad, sup, rouz al mandee, nasi kebuli, khubuz, dan buah-buahan. Al-Hamra juga menyediakan fasilitas catering untuk acara pernikahan, food stall untuk side dish, catering untuk meeting, dan lain sebagainya. Tentu saja minimal pemesanan adalah 35 pax ya. Untuk pemesanan catering luar, langsung saja bisa menghubungi Jetset EO di 0822.3188.7997.

Nah, bagi teman-teman yang ingin merasakan sensasi masakan timur tengah dengan desain interior yang unik dan makanan yang lezat, bisa langsung menuju Al-Hamra Restaurant di Surabaya.